Jumat, 20 Maret 2015

PENGALAMAN PRIBADI MASUK STIMART-AMNI SEMARANG

Saya merupakan lulusan dari SMK NEGERI KUNDUR yang ada di pulau kundur kab. karimun prov. kepulauan riau.
Sewaktu kecil, saya gk pernah ada kinginan buat jadi pelaut. yang ada hanya cita-cita mainstream seperti anak-anak lainnya, yaitu: polisi & TNI. yang psti dlunya saya paling suka liat laut dan kapal, namun gak kepikiran buat jadi pelaut. dulunya saya dibesarkan di lingkungan pesisir, kakek saya brprofesi sebagai nelayan, paman-paman saya sbagai pelaut biasa, dan papa saya hanya memiliki ijazah att-dasar.
Sewaktu SMP, saya pernah di ajak abang sepupu saya untuk melanjutkan sekolah pelayaran menengah di batam. tpi mama sya tidak menyetujuinya. hati pun udah kacau gak di restui msuk spm. ya udh, sya terima saja. semua omongan orang tua itu selalu benar. buktinya saya bisa melanjutkan ke sekolah playaran, untuk menjadi perwira kapal. andai dlunya saya bersikeras untuk masuk spm, pasti saya sudah gak di terima di akademi/sekolah tnggi pelayaran lain. dikarnakan syarat untuk mengambil att/ant3 harus memiliki ijazah d3.
Ya udh langsung aja. saya kemarin mengambil jrusan teknik elektronika di smk. saya pernah sakit hati lagi, setelah tau jurusan teknik elektronika gk bisa ambil jurusan nautika di skolah pelayaran.tapi saya terima saja jalan hidup ini, yang jelas saya bisa berlayar.
Oh ya, di dalam departemen pelayaran ada jurusan, yaitu: nautika (deck), teknika (engine) dan ketatalaksanaan pelayaran niaga (kerjanya di pelabuhan).
Sewaktu kelas 3 smk, saya mulai aktif dalam mencari info tentang sekolah playaran. sekolah playaran yang jadi acuan saya adalah STIP jkarta. saya minta rekomendasi dengan orang tua saya. kli ini mereka tidak melarang saya buat msuk pelayarn. maka, lngsung saja papa mnelpon dosen kenalannya di STIP. saya mkin ersemangat buat masuk pelayaran. tiap hri lari, push-up, sit-up, pull-up, renang, belajar b.inggris (wawancara). dan blajar jga biar bisa jdi 10 terbaik UN se-kepri. biar dipermudah masuk stip.
Sebenarnya saya akan di prmudah msuk stip, lewat bidik misi. sbab saya selalu mnempati pringkat 1, 2 dan 3 di klas.
Nmun, kemarin sya trlambat mengantarkan berkasnya, sebab wktu klas 3 kmarin, sya adapi dngan magang. makanya saya terlambat mendapatkan berita.
Ya sudah gk apa2.
Stelah beberapa hari mau pengumuman nilai UN, papa saya merekomendasikan saya buat msuk ke STIMART AMNI di semarang. lgi pula banyak senior-senior sya yang masuk situ.
Ya udh, lntaran kurang yakin dengan asil UN, sya mmilih amni aja. sesuai kemauan orang tua. saya mncari info tntang amni di internet. dan saya menemukan bang andri (senior saya dari SD, SMP, SMK dan sekarang AMNI). saya byak bertanya-tanya tntang amni ke dia. y udh fix bnget dengan amni. brkas2 pendaftaran semua saya siapin. dan saya di suruh mendaftar dengan bu' ninik (alumni amni).
Setelah nilai n keluar dan saya di nyatakan lulus dgn nilai 8,1 (ya agak lumayan lh), 3ari kemudian sya lngsung pergi ke semarang bersama bu' ninik.
Pertama saya menyebrang dari pulau saya (kundur) kpulau bu' ninik (tg.balaii krimun). saya prgi dengan teman saya dino ke balai, dan tiba di balai, kmi bertemu rombongan lainnya yang di bwa bu ninik.
Sya pun ktemu teman lama saya, si yoga. ia daftar amni juga.
Kami pn eangkat dari balai menuju batam dngan kapal ferry mv. mikonatalia, tiba d batam, kmi nginap di hotel pinuin. dan kami pun ertemu anak2 lain juga disini.
Di otel ini kmi mulai akrab dngan lainnya.
Pagi hari, kmi sarapan d hotel. llu brangkat ke bandara. kami ke semarang menggunakan maskapai lion air, kmi prgi esemarang, ada 2 pleton (sekitar 60'an orang).
Setelah sampai d smarang, kami d jemput dengan bus amni. dan tiba di kampus biru amni sekitar jam 2 siang. kmi langsung makan di restourant samping amni, yang trkenal dengan gulai kepala ikannya.
Setelah makan, kmi kembali ke kampus biru amni.
Dan kmi (anak2 pulau kundur) djemput oleh danki (komandan kompi) rusdi ganda dan taruna madya m. syahrizan, untuk di atar ke mess kundur.
Di situ lah kami berkumpul.
Kami saling bercanda.
Tiba lh hari seleksi tahap prtama.
Tes pertama adalah soal tertulis, yaitu b.inggris, b.indonesia, kimia, fisika, atematika. klo b.inggris and indonesia, bisa ku babat abis. klo kmia fsika matematikanya sulit banget. wajar aja, saya kan lulusan smk, bukannya sma.
Klo ditanya resistor, kpasitor, gnerator, y saya tau :D
Kemudian tes wawancara bahasa inggris. sya di tes oleh pak ananda, seru ngobrol sama beliau pakek bhasa iggris.
Kemudian setelah setelah selesai, kami lngsung pulang ke mess, asrama masing2.
Besoknya pengumuman tes tahap 1. dan eng ing eng. nama aku, dino, yoga dan nofri (teman 1 smk ku) gk kluar. kami ber4 sedih.
Sumpah baru kli ini rasakan kegagalan. ;(
Kami pun spakat daftar d glombang kedua.
Kami ber4 sepakat tinggal disini slama 2 bulan.
Kmi mnunggu tes gel. ke 2. hitung2 cari tau bgaimana kota smarang itu.
Sekalian akrab dengan senior2.
Di mess itu tnggal 5 calon taruna yang msih bermukim, yaitu: saya (tehnika), dino (nautika), nofri (tehnika), yoga (tehnika) dan bayu (ketatalaksanaan).
Sedangkan tman2 catar kami yang tlah jebol gel. 1 telah pulang semua.
Tinggal kmi.
Hari2 yg dnanti pun tiba. hri dimana kmi ber4 kcuali bayu, mengikuti sleksi.
Tes tahap 1 brjalan mulus. kmi telah belajar dari kesalahn, dan kami pn jebol tahap 1. kemudian esoknya kmi mengikuti tes kesehatan, yaitu tes tinggi badan dan berat bdan. kemudian tes pendengaran, tes tht (telinga, hidung dan tenggorokan) kemudian tes mata. kemudian kami msuk ke ruangan. di dalam ruangan itu, kmi di lihat smua postur tubuh, dan kmi bug*l hahaa.
Setelah slesai. kmi di bwa ke tempat pngukuran baju, mut, sepatu.
Lalu dibawa untuk shuttle run, disini saya mendapatkan 16 detik untuk 3 putaran, lari lpangan saya dapat 10 putaran dalam 12 mnit, pull up 6, pussh up 56x dlm semenit, sit up 45x dalam semenit. smua brkat ltian dulunya.
Setelah semuanya selesai, kami pun pulang ke mess.
Dan tibalah hari pengumuman itu.
Kami br4 dinyatkan lulus gel. 2.
Betapa senangnya hati ini.
Dan ini cerita pendaftaran saya. lain kali saya akan cerita tntang MADABINTAL (masa dasar pembinaan mental) AMNI.

102 komentar:

  1. permisi pak mau tanya pembukaan stimart amni 2016/2017 dibukanya kapan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. CARA SUKSES NGURUS IJAZAH Assalamualaikum saya bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah ijazah saya yang kemarin mulai dari SD sampai SMA saya hangus terbakar, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp/WA 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke email kami.
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Semua data di kirim sesuai alamat kantor
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.500.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Hapus
  2. Balasan
    1. setelah gel.1 ada gak gel 2 dan 3 kapan jika ada tks

      Hapus
  3. assalamualaikum, buat tes tpa tgl brp? mksh :)

    BalasHapus
  4. Maaf mau nanya,amni smrng ini apa sdh ujian negara sendiri ato ikut pip? Mksh

    BalasHapus
  5. Kak sya mau tanya kalo masuk pelayaran gigi gak rata + mata minus bisa gak? Saya pengen banget jd pelaut ... Jawab ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak papa.yg penting gak buta warna. Silahkan daftar.

      Hapus
    2. Gak papa.yg penting gak buta warna. Silahkan daftar.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Kak saya man kls 3 SMP Dan mau smk pelayaran, itu kalau Mata min 2-3 gpp, kalau smk pelayaran itu dmn?

      Hapus
    5. Beneran gapapa kalo mata minus?

      Hapus
  6. kak mau tanya
    untuk tes fisik (push,pull,sit u,shuttle run) apakah berlaku juga buat jurusan kepelabuhan & managemen transport ???
    saya punya niat buat masuk amni tahun depan , tpi masih belum tahu tes" yg ada , makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua jurusan. terus saja berlatih dek. yakin dengan potensi yang kamu punya.

      Hapus
    2. Apa bisa masuk kalau dari nautika kapal penangkapan ikan..
      Tpi punya sertifika BST AFF SAT (DECK RATING)

      Mohon infonya terima kasih

      Hapus
    3. Matain bisa ngga dftr di amni

      Hapus
  7. Tanya dong, saya udah ikut ujian gelombang 1 di AK PELNI, kalo menurut saya semua test baik pisik maupun akademis bisa dilalui dengan mulus, pas pengumuman nama saya ga keluar.... sementara kwn2 yg lain yg menurut dia test nya pas2an lulus.

    Tanya pny tanya, ternyata kwn2 yg lulus itu ada bayar "BIAYA" tambahan selain yg telah ditentukan.

    Emang seperti itu ya?...Gmn dengan di AMNI, apakah proses penerimaan nya juga pake metode yg sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. AMNI dan AKPELNI beda yayasan. AMNI lebih mengungulkan yang bisa (kategori yang pantas duduk). AMNI bukan sembarang sekolah maritim yang menerima taruna didiknya yang sembarangan pula. jadi, tetap optimis aja. percaya dengan kemampuan dirimu. kamu pasti bisa!!! nanti coba saja di AMNI. yang jelas, persiapkan dirimu lebih mantap lagi ya dek.

      Hapus
    2. Su PGN bgt pelayaran apakah mata min bisa masuk

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Kak ijin bertanya kalau mata minus 1 apakah boleh daftar dan bisa keterima di amni kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengurangi nilai nya dek. emang kamu mau ambil jurusan apa? kalo untuk Teknika dan Nautika, sudah pasti kamu harus (maaf) balik kanan.

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. kak izin bertanya, waktu test kesehatan apakah ada target untuk lari 12 menit,shuttle run dll itu kak? jika ada mohon di rinci ya kak.. terimakasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf dek baru balas.. ya jangan pikirkan target. pokoknya lakukan sekuat tenaga. andai di tetapkan targetnya 20x putaran dalam 12 menit, apa kamu bisa? hehe
      intinya tetap optimis dek. jadi yang terbaik dari saingan-sainganmu. jangan pernah menyerah, apa lagi merasa cukup. percaya sama dirimu kalo kamu itu bisa.

      Hapus
  12. Kak gmna tes nya akademik ya ? Jujur saya sdikit lemah dalam berhitung maklum anak Teknik hehe

    BalasHapus
  13. kak boleh tanya kalau pendaftarannya bisa online/tidak??

    BalasHapus
  14. kak boleh tanya kalau pendaftarannya bisa online/tidak??

    BalasHapus
  15. kak tinggi badan sy 157 bisa gk kak.di tunggu blasan ny kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf klo sya yg balas klo d amni minimal tingginya 160 untuk laki-kali, 155 untuk perempuan

      Hapus
  16. kak tinggi badan sy 157 bisa gk kak.di tunggu blasan ny kak

    BalasHapus
  17. kak tinggi badan sy 157 bisa gk kak.di tunggu blasan ny kak

    BalasHapus
  18. kak tinggi badan sy 157 bisa gk kak.di tunggu blasan ny kak

    BalasHapus
  19. kak ujian tes tulisnya it mnggunakan sistem point kah?

    BalasHapus
  20. ada berapa gelombang saat pendaftaran kak?

    BalasHapus
  21. Bang, saya ada minat nih mau masuk pelayaran, tapi masalah pelajaran saya pas pas san, ya saya sanggup minimal 7 bang kalau kurang 6 , dan sikap saya disekolah jelek bang. Nah solusinya gimana ya bang, apa saya bisa masuk amni bang. ?? Tolong dijawab ya bang, saya ingin jadi pelaut

    BalasHapus
  22. bang anggi mau tanya" ada nmer hp atau bbm gak ??

    BalasHapus
  23. salam buat rekan2 AMNI angkatan 32,,

    BalasHapus
  24. Permisi bang mau nanya, kalo pendaftaran amni 2017/2018 kapan ya? Dan kuotanya sekitar berapa? Terima kasih bang

    BalasHapus
  25. Permisi bang mau nanya, kalo pendaftaran amni 2017/2018 kapan ya? Dan kuotanya sekitar berapa? Terima kasih bang

    BalasHapus
  26. Maaf bang, mau nanya misalnya agak gendut itu bisa masuk engga yaa di stimart buat cewe

    BalasHapus
  27. Mau nanya soal rincian administrasinya...kira2 berapa ya... Makasih

    BalasHapus
  28. Kak saya cewe tinggi 162 tapi mata minus. Saya pilih pip di kalk. Apa saya akan gagal mengikuti test kesehatan?

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Kak mau tanya mengenai seleksi tertulis ada kimia dan fisikanya, sedangkan saya dari SMK Dan ngga ada pelajaran kimia dan fisika itu gimana kak ?
    Terima kasih

    BalasHapus
  31. mau tanya maskalau program sambungan dari D3 ke S1 manajemen transport itu di mulai dari semester berapa iya

    BalasHapus
  32. mau tanya maskalau program sambungan dari D3 ke S1 manajemen transport itu di mulai dari semester berapa iya

    BalasHapus
  33. Kak..mau nanya... Yg membuat u gagal d gelombang pertama apa ya? Ada tips gak buat seleksi wawancarany? Mksh udh d jawab

    BalasHapus
  34. Ka, stimart amni ni swasta kan ? Bnyak calo jga ga ka msuk sana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggk boleh bro..saya baru aja ikut test di AMNI bulan lalu..dan akhirnya lulus(murni) gak ada bantuan

      Hapus
    2. Nggk boleh bro..saya baru aja ikut test di AMNI bulan lalu..dan akhirnya lulus(murni) gak ada bantuan

      Hapus
  35. Kalo minus 2 masi bisa keterima ngga?

    BalasHapus
  36. jurusan Nautika dan Teknika tidak bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo KPN bisa berarti? Terus di sana kacamatanya boleh di pakai atau tidak?

      Hapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. kalo mau masuk amni buat cewek apa tes kesehatannya sama kayak Akmil,AAL,AAU,Akpol kak?

    BalasHapus
  39. Saya tamatan smp apa bisa masuk amni kak? Saya niat banget masuk amni
    Tolong beritahu ya kak... Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, kalau niat mau jadi pelaut mungkin opsinya adalah :
      1. Ambil sertifikat pelaut dari yang paling mendasar
      2. Ambil paket C kemudian coba daftar ke kekampus pelayaran
      3. Jika usia masih muda lebih baik masuk sekolah SMK yg khusus membidangi dunia pelayaran

      Semoga membantu

      Hapus
  40. Bang apakah kurang tinggi itu bisa diterima?

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Bang kalau gigi taring ada dua apakah diterima?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klau gigi ngk terlalu berpengaruh,asalkan bisa lebih unggul d tes yang lain

      Hapus
    2. Gigi saya aja ga rata alhamdulilah lolos di pip makassar hehe

      Hapus
  43. assalamualaikum kaka. ada nomer wa atau ig atau yg lain mau tanya tanya lebih mendalam kak.

    BalasHapus
  44. Kalau s1 manajemen wajib bisa bahasa inggris gak

    BalasHapus
  45. Assalamualikum,
    Bang kalau stimart amni tu negri atau swasta klau swasta biaya pendidikannya gimna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya pendidikan nya kita tanggung sendiri,ntk d awl kita di haruskan membayar spi(sumbangan pembangun institusi)

      Hapus
  46. Adakah beasiswa kak?
    Kalo ada apa saja ya?

    BalasHapus
  47. Mohon ijin bg, saya ingin tau tahapan tes amni semarang,apa peluang masuk amni lebih besar? ditunggu responya

    BalasHapus
  48. Assalamualikum kak,
    Mau tanya kalau tinggi bdan 160
    Bisa lolos apa gak..
    Kak kalau boleh minta nmor Wa,ig,fb, spya bsa tau lebih dlm..
    Trimakasih

    BalasHapus
  49. Izin bertanya
    Kalau masuk smart amni...apakah kalau sudh lulus langsung di kerjakan ap kita sendiri yg mencari kerjaannya...
    Terimakasih

    BalasHapus
  50. Izin senior
    Apakah ijazah paket c setara SMA IPA bisa masuk di AMNI ?

    BalasHapus
  51. Kaka kalau mata minus bagaimana kak? Kalau ambil jurusan management transpor

    BalasHapus
  52. kak mau nanya,
    saya dari DII jurusan Manajemen
    Mau Lanjut S1 Manajemen Transport (Lintas Jalur)
    Apakah harus ikut juga semua test nya kak?
    apakah boleh S1 Mananjemen Transport (Lintas Jalur) pakai kacamata ?

    BalasHapus
  53. Saya insyaallah mau ambil jurusan s1 manajemen transport. Tes wawancara apakah pakai bahasa inggris juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okay semangat dek. Iya bahasa inggris juga. Karna memang Kita di persiapkan untuk bekerja dengan orang-orang asing. Serta siap menghadap modernisasi dunia.

      Hapus
  54. Ka apa buat perempuan juga sama tes kesehatanya juga kaya push-up shit-up pull-up dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama, Untuk calon taruni tidak Ada pull up. Yang Ada chinning.

      Hapus
  55. Izin bertanya, teman saya bertanya untuk yang buta warna parsial apakah tidak boleh masuk amni? Ataukah ada jurusan yang bisa dimasuki?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau until jurusan nautika Dan teknika tidak bisa. Kalau untuk kpn atau S1 management transport mungkin bisa.

      Hapus
  56. Kak kalau ngga bisa berenang bisa keterima ngga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang. Nggak Ada test berenang dek. Tapi nanti mulai lah belajar berenang ya. Intinya kamu optimist.

      Hapus
  57. Kak izin bertanya, untuk tes wawancara pake bahasa inggris itu apa aja yang ditanyakan kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentang hal2 mendasar sebatas percakapan saja, semoga membantu

      Hapus
  58. Apakah minus 2 bisa mendaftar di amni? Dan apakah kita boleh mendaftar di amni sekaligus mendaftar juga di sekolah ikatan dinas?

    BalasHapus
  59. Kak mau nanya klo cadangan itu gmna ya kak ?

    BalasHapus
  60. Kak. Saya mau mendaftar di amni, tapi bobot dan tinggi saya udah mulai over weight dan duluit diturunkan kak
    Tinggi : 168
    Berat : 80
    Apakah itu menjadi kendala saat tes ya kak?

    BalasHapus
  61. Kak mau tanya syarat masuk Amni nilai UN rata-rata harus berapa ya?
    Kalo masuk ketatalaksanaan niaga pelayar dan kepelabuhan harus bisa bahasa Inggris nggak?
    Mohon di jawab

    BalasHapus
  62. Kak kalo misal mata minus lalu di lasik/laser apakah tetap bisa masuk pip ?

    BalasHapus
  63. Apakah jika mata minus di lasik/laser tetap bisa masuk. Mohon jawab ya bang

    BalasHapus
  64. Kak saya dari tanjung balai Karimun ada rencana mau masuk pelayaran kak,mau ambil jurusan nautika ada wa,FB,atau Ig gak kak,biar bisa tanya2 lebih banyak lagi sama kakak

    BalasHapus
  65. MATA MINUS BERKACAMATA APA BISA MASUK AKADEMI MARITIM

    BalasHapus
  66. Slamat malam, saya tamatan Akademi maritim indonesia jurusan KPNK, saya mau tanya kalau ingin berlayar apa ambil reting, at ad yang yang lain ya

    BalasHapus
  67. Kak izin bertanya untuk cwe klo tinggi 162cm dan bb 43 apakah bs diterima di amni?

    BalasHapus
  68. Tes akademiknya di amni untuk catar yg ambil prodi s1 transportasi meliputi bidang apa saja kak yg akan di uji kan?

    BalasHapus
  69. Kak izin mau tanya,kalau mata minus bisa masuk sekolah pelayaran?

    BalasHapus
  70. Kakk mau tanya, kalau gigi di cabut 1 apa bisa masuk kak? Apa perlu di pasang gigi palsu dulu?

    BalasHapus